I made this widget at MyFlashFetish.com.

Jumat, 24 Februari 2012

TUTORIAL INSTALASI XAMPP DAN JOOMLA CMS


 
Sebelum kita memulai instalasi XAMPP dan JOOMLA yang di butuhkan adalah

1.     Software XAMPP dan JOOMLA, jika belum ada dapat di download dahulu. Jika telah ada dapat gunakan kedua software.
2.     Jika mendapatkan software XAMPP yang berbentuk winrar dapat di extract terlebih dahulu. Seperti pada gambar di bawah ini.

3.     Kemudian pilih folder dimana akan di extract. Jika anda ingin menginstal di local disk D maka pilih local disk D, kemudian pilih folder akan di tempatkan. Kemudian pilih OK.  Seperti pada gambardibawah ini.

4.     Jika telah di OK, maka akan keluar setup XAMPP. Seperti pada gambar.
5.     Kemudian double klik pada setup tersebut. Hingga keluar penginstalasian XAMPP. Pilih OK.
6.     Kemudian akan keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Pilih Next.
7.     Kemudian akan keluar tampilan pemilihan tempat yang akan di install XAMPP. Jika anda ingin menginstall di direktori C, maka pilih next. Jika anda ingin memilih di direktori D maka pilih next.
 
8.     Kemudian akan muncul tampilan XAMPP option. Lalu cek list Install Apache as Service danInstall MySQL  as Service. Lalu Install.
9.     Kemudian akan melakukan instalasi dan tunggu beberapa saat.
10.                         Kemudian pilih finish setelah penginstalasian selesai.

11.                         Kemudian akan muncul untuk persetujuan penggunaan control panel.
12.                         Kemudian muncul bahwa telah sukses instalasi dan siap menggunakan control panel.
13.                        Kemudian dengan sendirinya akan keluar dari jendela penginstalasian XAMPP dan control panel akan keluar dengan sendirinya.


Instalasi joomla
1.     Setelah selesai menginstal XAMPP maka kita harus mengextract joomla di folder  xampp/htdocs/tambakan folder baru dengan nama yang anda inginkan contoh nya “try”.
2.     Lalu membuka browser yang kita miliki dengan mengetik pada address bar http://localhost. Maka akan keluar tampilan seperti dibawa ini. Lalu anda pilih bahasa yang anda kuasai.
3.     Setelah kita memilih/mengklik bahasa lalu akan muncul tampilan seperti dibawaini. Lalu pilih PhpMyAdmin.
4.     Kemudian akan masuk pada pembuatan database pada phpMyadmin. Pada tampilan ini akan membuat database dengan nama “try” yang telah anda buat pada folder htdocs.
5.     Kemudian pilih home yang terdapat diatas nama database anda seperti pada gambar. Dan pilih Privileges.
6.     Pada tampilan privileges ini anda harus membuat user untuk instalasi joomla. Pilih add a new user seperti pada gambar.
7.     Pada tampilan add new user anda harus mengisi username, host, password, re-type, dengan sesuai folder yang anda buat tadi atau dengan nama yang anda inginkan. Dan pilih generate. Kemudian pilih go.
8.     Pada Database specific privileges. Pada pengisian yang boleh mengikuti database dengan nama yang anda buat tadi. Kemudian akan go otomatis. Kemudian cek semua yang ada kecuali 3 yang terdapat pada administrasi.
9.     Kemudian pada address bar tulis localhost/nama folder yang buat tadi.Lalu akan masuk ke Instalasi Joomla.
10.                        Kemudian akan tampil pilihan bahasa yang akan ingikan pada Joomla Cms. Pilih next.
11.                        Kemudian akan tampil bagian Pre installation check. Pilih next.
12.                        Kemudian akan tampilan bagian license. Pilih next.
13.                        Kemudian akan tampil bagian database. Pada bagian ini kita harus mengisikan username dengan nama root, password kita kosongkan, database dengan yang anda buat tadi, dan pada table prefix biarkan saja.
14.                        Kemudian akan tampil bagian FTP Configuration. Pilih next.
15.                        Kemudian akan tampil bagian Configuration. Pada bagian ini kitamengisikan pada site name sesuai dengan nama yang anda ingikan. Pada bagian your email dengan nama yang anda inginkan. Pada admin user dan password dengan name standart yaitu admin.
16.                        Kemudian akan tampil bagan finish. Pada bagian ini anda harus menghapus/remove folder instalasi yang telah ada. Kemudian pilih administration.
17.                        Kemudian akan masuk ke menu joomla yang telah di install tadi. Sesuai dengan yang anda buat tadi.
18.                        Setelah anda masuk ke Joomla sebaiknya yang di setting terlebih dahulu adalah bagian configuration global.
19.                        Selesai instalasi Joomla. Semoga bermanfaat untuk cara menggunakan Joomla masih akan di buat. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar